cover
Contact Name
Husna Parluhutan Tambunan
Contact Email
jpkm.lpm@unimed.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpkm.lpm@unimed.ac.id
Editorial Address
LPPM Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Kec.Medan Tembung, Sumatera Utara 20221 Telephone: (061) 6618754 FAX: (061) 6614002 / 6613319
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
ISSN : 08522715     EISSN : 25027220     DOI : 10.24114
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPPM UNIMED) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di JPKM LPPM UNIMED meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di JPKM LPPM UNIMED maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. JPKM menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas kedalam format pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup: Sosial Kependidikan Sains Keolahragaan Bahasa Bisnis dan Ekonomi Teknik dan Kejuruan Kesenian
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER" : 30 Documents clear
KONSTRUKSI DESA LITERASI DIGITAL BERBASIS QUICK RESPONSE CODE UNTUK KELOMPOK PELAJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN ATAS/SEDERAJAT DI KABUPATEN BANTAENG Suardi Suardi
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.25639

Abstract

Permasalahan mitra Program Kemitraan Masyarakat dalam membangun desa yaitu (a) tidak adanya literasi pendidikan (buku bacaan/ buku mata pelajaran) untuk siswa yang belajar di rumah, (b) Tidak adanya teknologi pendidikan yang bisa digunakan siswa secara efektif dalam belajar di rumah atau di ruang pustaka atau sudut baca desa. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara sistematis melalui literasi digital dengan menggunakan Quick Response Code. Metode pelaksanaan dilakukan melalui empat tahap yaitu (1) konstruksi literasi digital, (2) literasi digital dipelihara oleh masyarakat, (3) memperbaiki dan memperbaharui literasi digital dan perubahan yang dihasilkan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan literasi digital berbasis quick response code untuk siswa mendapatkan respon positif dari pemerintah, orang tua dan siswa sebagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mengkonstruksi desa sebagai desa literasi digital. Kegiatan literasi digital berbasis quick response code sebagai bagian program literasi digital di tingkat desa.The problems of the Community Partnership Program partners in building villages are (a) there is no educational literacy (reading books/subject books) for students who study at home, (b) There is no educational technology that students can use effectively in studying at home or at school. library room or village reading corner. Solutions to solve problems systematically through digital literacy using the Quick Response Code. The implementation method is carried out through four stages, namely (1) digital literacy construction, (2) digital literacy is maintained by the community, (3) improving and updating digital literacy and the resulting changes. The results of the community service activities show that digital literacy based on the quick response code for students has received positive responses from the government, parents and students as activities that are beneficial to the community in constructing villages as digital literacy villages. Digital literacy activities based on the quick response code as part of the digital literacy program at the village level.
EDUKASI DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN KELOMPOK PKK KAMPUNG WISATA BUKIT NOBITA, KELURAHAN KAMPUNG JUA, SUMATRA BARAT Rita maliza
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.47447

Abstract

Menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat penting. Memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Ibu-Ibu PKK kampung wisata Bukit Nobita terhadap kesehatan kulit maupun penyakit metabolisme yang dilaksanakan di Keluarahan Kampung, Padang Sumatra Barat. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah observasi langsung dengan memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan pada 11 orang mitra. Hasil dari kegiatan ini bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan wawasan mitra terhadap kesehatan baik penyakit kulit dan penyakit metabolisme seperti diabetes mellitus dengan menjaga pola makan, kebersihan dan olah raga.  Kegiatan PKM ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang sehat melalui peningkatkan pengetahuan, sikap, dan kesadaran untuk bisa melakukan pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit.
UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN GERAK FISIK PENYANDANG DISABILITAS HAMBATAN VISUAL MELALUI PELATIHAN INCLUSIVE PHYSICAL LITERACY (INCALCY) Kunjung Ashadi
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.38608

Abstract

Permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas dengan hambatan penglihatan di Kota Batu yaitu kurangnya pemahaman terkait pentingnya aktivitasi fisik dalam mendukung kualitas hidup yang tinggi secara integral. Hal ini disebabkan belum pernah adanya sentuhan edukasi yang dari Pemerintah setempat, organisasi sosial dan masyarakat, serta keterbatasan pemahaman keluarga yang berdampak pada kurangnya motivasi, kepercayaan diri, kompetensi fisik, pengetahuan dan pemahaman tentang aktivitas fisik. Pelatihan INCALCY diikuti oleh 36 orang peserta yang terdiri dari 22 orang tuna netra, dan 14 orang lainnya terdiri dari pendamping, orang tua siswa netra dan guru SLB. Metode dalam proses edukasi ini menggunakan pendekatan pelatihan yang didalamnya terdapat penyampaian materi teori INCALCY secara lisan dan pendampingan praktek aktivitas fisik. Bahan yang digunakan dalam abdimas ini meliputi materi powerpoint untuk sesi teori dan audio tutorial latihan olahraga mandiri bagi penyandang disabilitas hambatan visual. Para peserta pelatihan menyatakan bahwa mereka sangat senang dengan adanya pelatihan ini yang dapat membuat mereka mengalami peningkatan motivasi, kepercayaan diri, kompetensi fisik, pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya aktivitas gerak fisik sebagai bagian hidup yang integral untuk menjaga kesehatan dan peningkatan kualitas hidup yang lebih baik.  
PENGEMBANGAN KAPASITAS PENGELOLA BADAN USAHA MILIK DESA DI KECAMATAN KUINDRA KABUATEN INDRAGIRI HILIR Muammar Alkadafi amar Alkadafi
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.39749

Abstract

Badan usaha milik desa yang berdiri di desa Sungai Bela, Sungai Buluh, Sungai Piyai, Tanjung Lajau dan Desa Teluk Dalam Kecamatan Kuala Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir tidak terkelola secara baik, disebabkan ketidak mampuan para pengelola BUMDes menciptakan sistem organisasi BUMDes yang berfungsi memanfaatkan sumber-sumber daya lokal menjadi nilai tambah secara ekonomis bagi masyarakat. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kapasitas pengelola BUMDes dan meningkatkan kinerja kelembagaan BUMDes di Kecamatan Kuindra Kabupaten Indragiri Hilir. Metode Pengabdian, menggunakan motode Participatory Rural Appraisal (PAR). Motode PAR, mengedepankan partisipasi terhadap para pengelola BUMDes yang terdiri dari Direktur, Sekretaris, Bendahara BUMDes dari 5 (lima) desa  yang menjadi sasaran kegiatan pengembangan kapasitas dalam bentuk pelatihan. Hasil pengabdian. Pengembangan kapasitas (capacity building), terhadap pengelola BUMDes pada kegiatan pengabdian ini telah berhasil meningkatkan kapasitas level individu, organisasi dan kapasitas pada sistem pengelolaan BUMDes.  Para pengelola BUMDes telah mempunyai pengetahuan mengenai tugas dan fungsi sebagai pengelola, keterampilan merencanakan unit usaha,  membuat laporan keuangan menggunakan Microsoft excel.   Perubahan level organisasi dan sistem, BUMDes melakukan penataan administrasi kelembagaan, pengambilan keputusan melalui musyawarah desa. Saran kepada pengelola BUMDes untuk menggunakan dana desa (DD), bantuan keuangan (BANKEU) Provinsi dalam pengembangan unit usaha BUMDes dengan melakukan studi kelayakan bisnis terlebih dahulu, melakukan kerjasama/kolaborasi antar BUMDes. Kata kunci: Pengembangan, Kompetensi, Sumber Daya Manusia, Organisasi, BUMDes. 
EDUKASI KEPADA MASYARAKAT TENTANG PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH DENGAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) I Kadek Wartana; Gustini Gustini; Saiful A; Desak Eka Susianawati; Ida Yanriatuti; Lexy Kareba; Agustinus Talindong; Fitriani Dafer; Ni Kadek Armini
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.45688

Abstract

The widespread counterfeit circulation and the increasing price of medical drugs in the market can be overcome by using family medicinal plants. However, the yards utilization is still low, so education is needed to make people understand the benefits of family medicinal plants. The aim of this community service was educated the public about the importance of planting family medicinal plants. The method was educated about the importance of planting family medicinal plants and made demonstration gardens. This activity was carried out on Tuesday-Saturday March 14-18, 2023. The target was 20 householders in Rogo Village. The results were an increase in participants' knowledge about the meaning, types and benefits of family medicinal plants for treating diseases and the availability of demonstration gardens in each hamlet. The conclusion was that providing education to the community can increase their knowledge about the importance of using family medicinal plants in their yards. 
PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DAN TASAWWUF UNDERGROUND DALAM MENGENTASKAN KENAKALAN REMAJA DI KEC. CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN- BANTEN Ichwan Arifin
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.42639

Abstract

Salah satu kompetensi penyuluh agama Islam adalah pembinaan kaum marjinal, yakni anak anak remaja dalam mengatasi prilaku penyimpangan mereka, anak anak punk, terlantar dan melakukan propaganda merusak sarana prasarana milik pemerintah bahkan dilokasi lokasi yang menurut mereka mudah dijangkau atas kenakalan mereka di Kec. Ciputat kota Tangerang Selatan. Hal ini menjadi agenda penting bagi pemerintah beserta jajaran lembaga, institusi plat merah bahkan swasta terlebih peran penting penyuluh agama Islam agar program ini perlu adanya binaan, edukasi, sosialisasi pentingnya menjalani agama yang baik dan benar sebagai pedoman hidup agar mereka di usia yang masih muda belia lebih terarah, bahkan tak kalah pentingnya dari itu adalah agar jalan hidup mereka memiliki visi dan misi yang lebih baik, bahwa mereka punya masa depan yang cerah, peluang kesempatan untuk pekerjaan dengan melihat faktor fisik dan usia yang masih muda dan peran agama sebagai pedoman hidup dalam beraktifitas kesehariannya. Penyuluh Agama Islam dapat menyampaikan programnya dalam bahasa agama kepada masyarakat yang heterogen dan dituntut agar dapat menguasai komunikasi agama yang baik dan benar kepada mereka sesuai tingkat dan taraf pendidikan dan lingkungannya. Dengan demikian, bahwa peran penyuluh agama Islam amat sangatlah penting dalam menjaga stabilitas kenyamanan individu, kenyamanan keluarga dan masyarakat sampai akan tutup usia. 
UPAYA MENYUKSESKAN PEMILU 2024: PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DI SMA N 1 BANTUL Ane Permatasari; Bhakti Gusti Walinegoro
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.44085

Abstract

SMA N 1 Bantul memiliki siswa yang mayoritas akan menjadi pemilih pemula pada Pemilu 2024. Sayangnya, dengan potensi adanya calon pemilih pemula, pendidikan politik tidak menjadi salah satu kegiatan prioritas untuk dilakukan SMA N 1 Bantul. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan politik tentang Pemilu Serentak 2024 kepada para siswa SMA N 1 Bantul sebagai pemilih pemula. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi dengan skema ceramah dan diskusi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan dari peserta sosialisasi tentang Pemilu 2024. Selain itu, pengabdian juga mengungkapkan bahwa para peserta telah memperhatikan tantangan-tantangan dalam penyelenggaraan pemilu, seperti politik uang, hoaks, dan inklusivitas informasi. Di satu sisi, temuan tersebut menjadi optimisme terhadap para peserta untuk terlibat aktif dalam Pemilu 2024. Di sisi yang lain, hal tersebut menjadi tantangan untuk melaksanakan kegiatan lanjutan agar manfaat program pengabdian dapat terus meningkat dan menyebar ke masyarakat yang lebih luas.
PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DESIGN THINKING BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING BAGI GURU SMA SWASTA AL-MAKSUM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN DALAM INOVASI PERANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN Yayuk Hayulina Manurung
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.47612

Abstract

Masih rendahnya kemampuan design thinking guru dalam inovasi perancangan perangkat pembelajaran berbanding lurus dengan situasi pembelajaran yang masih jauh dari tuntutan Kurikulum Merdeka. Hal tersebut dibuktikan dari  beberapa temuan pada kondisi mitra dalam hal ini SMA Swasta AL-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan yaitu pembelajaran masih belum sepenuhnya menempatkan siswa sebagai subjek dalam pembelajaran, pembelajaran masih belum bersifat lebih kontekstual, fleksibel dan adaptif pada tuntutan perkembangan, siswa tidak ditempatkan sebagai individu yang aktif mengkonstruksi pengetahuan dan mencari makna belajar, dan inovasi perangkat pembelajaran masih sebatas penggunaan laptop melalui media Power Point Text (PPT) sebagai model pembelajaran dengan corak Teacher-Centered Learning meskipun sebenarnya guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran inovatif lainnya seperti model kontekstual, teknik saintifik, penyampaian materi berbasis masalah, realistik, PAIKEM, Project-Based Learning, Problem-Solving, Discovery Learning, dan Cooperative Learning. Pelatihan dan pengembangan Kemampuan Design Thinking Berbasis Project-Based Learning bagi mitra diharapkan inovasi perangkat pembelajaran mitra dapat meningkat. Sejalan hal tersebut juga pendampingan guru dalam pengembangan model pembelajaran, penyusunan RPP, instrumen penilaian dan media pembelajaran sebagai bagian dari perangkat pembelajaran diharapkan terciptanya iklim pembelajaran aktif dan siswa menemukan makna belajar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka sendiri. Pelatihan dan pengembangan kemampuan kemampuan design thinking berbasis project-based learning bagi guru SMA Swasta Al-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan meningkatkan kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran yang inovatif dan guru dapat menciptakan pembelajaran bersifat lebih kontekstual, fleksibel dan adaptif pada tuntutan perkembangan khususnya tuntutan Kurikulum Merdeka dikarenaka guru telah mengaplikasikan model pembelajaran yang inovatif 
INTEGRASI PENGELOLAAN LIMBAH PADAT NON B3 ANTARA PT KALTIM METHANOL INDUSTRI DENGAN KOMUNITAS KELURAHAN GUNTUNG SEBAGAI IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN KEPADA MASYARAKAT Dhea Atika Risnawati; Eka Wijayanto; Santri Nabila; Hery Abrianto; Teguh Ariyanto
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.45234

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis serta mengetahui dampak dari program pengelolaan sampah padat non B3 antara perusahaan dan masyarakat. Sampah padat yang diperoleh dari aktivitas perkantoran perusahaan PT. Kaltim Methanol Industri dan aktivitas rumah tangga masyarakat dikelola melalui program yang bernama Bank Untuk Pecinta Sampah Unik (Buncis Unik). Sampah padat yang dikumpulkan kemudian dilakukan proses sortasi sehingga dapat dimanfaatkan lebih lanjut, baik melalui recycling, pembudidayaan maggot, maupun dapat dijual sehingga menjadi bernilai ekonomi. Sampah padat yang dikelola meliputi plastik, kardus, karton, piring telur, kaleng, dan gelasan minuman. Sampah yang berhasil dikumpulkan selama satu tahun adalah sekitar 18 ton. Proses pengelolaan sampah ini dianalisis dari segi ekonomi maupun lingkungan bagi masyarakat maupun perusahaan. Dari segi lingkungan, pengelolaan sampah ini setara dengan pengurangan emisi CO2 sebanyak 2,43 ton CO2/tahun. Dari segi ekonomi, pengelolaan sampah ini setara dengan pendapatan penjualan sampah sebesar 33 juta rupiah/tahun. Dengan demikian program yang dijalankan oleh perusahaan PT. Kaltim Methanol Industri dengan masyarakat Kelurahan Guntung ini dapat terintegrasi dengan baik, manfaat dan dapat menjadi contoh adanya kerjasama antara industri dengan komunitas.
PELATIHAN ASSESSMEN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SD DI KECAMATAN SELO, BOYOLALI Ema Butsi Prihastari; Jumanto Jumanto
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol 29, No 3 (2023): JULI-SEPTEMBER
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jpkm.v29i3.46331

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan berupa pelatihan kepada para guru Sekolah Dasar di kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali dalam membuat assessmen atau penilaian dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang baru dua tahun berjalan. Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pertama, penyusunan draft MoU dengan sekolah peserta pengabdian, materi pelatihan; tahap kedua, sosialisasi secara umum terkait asessmen yang digunakan dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan literasi numerasi; tahap ketiga, diskusi interaktif dengan peserta pengabdian, dan; tahap keepmat, monitoring dan evaluasi dengan melakukan pendampingaan ke lapangan yang dilakukan dosen dan dibantu mahasiswa.  Hasil pengabdian yang dilakukan melalui sosialisasi 75% atau 27 peserta dari 30 guru SD peserta pengabdian mampu membuat asessmen formatif dan sumatif dengan baik dan berdasarkan hasil survei 75% guru SD di bawah nauangan Koordinator PAUD, Dikdas dan LS kecamatan Selo menyatakan materi yang disampaikan bermanfaat dan sangat membantu dalam mempersiapkan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas yang diampu. 

Page 1 of 3 | Total Record : 30